Minggu, 29 Januari 2012

BARU AKU TAHU, HEDONISME 1, 6 TRILIUN


Sajak DG Kumarsana

 
Baru aku tahu, ternyata :
Di gedung DPR ada kebun binatang
Baru aku tahu
Kalau mereka bisa jual beli pasal
Baru aku tahu
untuk membangun gedung aja menghabiskan dana satu koma enam triliun
Baru aku tahu
Untuk renovasi toilet aja habiskan anggaran dua miliar
Baru aku tahu, kalau
Renovasi toilet di gedung DPR jauh lebih penting dari toilet-toilet sekolah
Padahal dari segi kencing dan tahinya juga nggak ada yang beda
Baru aku tahu
Untuk biaya pengharum ruangan aja habis satu koma tiga miliar
Sehingga memasuki gedung dewan tak perlu pencet hidung
Karena tak ada yang bau
Baru aku tahu
Kalau untuk  renovasi ruang bangar aja habis duit dua-puluh koma tiga miliar
Padahal di desa desa ada sekolah yang rubuh dan anak anak pindah belajar di mesjid-mesjid
Baru aku tahu, ternyata enak juga jadi anggota dewan, kenapa?
Karena  kerja nggak perlu berat tapi penghasilan tinggi
Baru aku tahu
Harga sebuah kursi import untuk ruang kerja bangar DPR senilai dua puluh empat juta rupiah
Wow
Namun aku tak tahu
Dengan prilaku hedonisme, memperjual belikan idealisme dan moral publik, macam itu
Patutkah di apresiasi
Aku tak tahu
Siapa yang cidera?
Rakyatkah?
Aku tak tahu
Karena aku tak pernah bersentuhan dengan dewan perwakilan rakyat yang dianggap terhormat itu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar